Home » Gerbang » Bupati Purwakarta yang Mendunia

Bupati Purwakarta yang Mendunia

bupati-purwakarta-berceramah-di-markas-pbb-62ecL4QriiTidak hanya di level nasional, Bupati Purwakarta yang akrab disapa Kang Dedi juga mulai tenar di level Internasional. Tidak tanggung-tanggung, bupati yang identik dengan ikat kepalanya ini bicara di Markas PBB New York, Amerika Serikat.

Kang Dedi didaulat untuk sharing tentang caranya memimpin Purwakarta dengan pendekatan kebudayaan.   Di hadapan peserta International Young Leader Assembly (IYLA), Dedi mengangkat tema kepemimpinan moral visi pelayanan berbasis kebudayaan.

Menurut Kang Dedi, sangat penting penguatan basic tradisional pedesaan dengan sistem pendidikan berkarakter Sunda.

“Hal ini sebagai upaya memperkuat ekonomi berbasis budaya, peternakan, perikanan, pertanian, kehutanan dan Industri kreatif, ” terangnya.

Ia mencontohkan, aturan dalam Perbup Pendidikan Berkarakter, seperti sekolah jam 06.00 WIB. Juga beberapa karakter building seperti membuat tas sendiri, bersepeda, berpuasa seminggu dua kali.

“Selanjutnya pendidikan teknologi sebagai bagian penyempurna, untuk melakukan penguatan terhadap basis tradisi, sehingga memiliki daya saing pasar,” ungkapnya penuh semangat.

Ironisnya, menurut Kang Dedi, keadaan terbalik, teknologi menjadi sarana konsumsi yang mengakibatkan pemborosan dan pedesaan kehilangan daya dukung dan mulai terjual.

“Bayangkan, saat ini untuk konsumsi dan akhirnya bahan pokok harus beli seperti beras telor daging, bahkan jengkol. Padahal, desa seharusnya terjaga basis budayanya, agar menjadi bagian dari ketahananan bangsa dan media relaksasi masyarakat kota dan negara maju. Sehingga terjadi harmoni peradaban yang seimbang,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar Anda


[tutup]