Home » Gerbang » Nonton Televisi Bikin Balita Susah Ngomong!

Nonton Televisi Bikin Balita Susah Ngomong!

gagapJakarta- Penelitian mengungkapkan, memberikan waktu lebih dari tiga jam bagi balita untuk menonton televisi berdampak buruk pada kemampuan kosakata dan matematika mereka kelak.

Paparan televisi yang terlalu banyak akan membuat mereka kurang konsentrasi dan juga kurang fit secara fisik. Sementara penelitian menyebut, waktu dua jam adalah waktu yang cukup mereka mendapat hiburan dari media elektronik tersebut.

Seperti dilansir dari dailymail, ini adalah studi pertama yang menghubungkan antara jumlah waktu yang dihabiskan para balita di depan televisi dengan risiko penanaman ketrampilan motorikdan kesulitan psikososial mereka.

Pemimpin penelitian, Profesor Linda Pagani dari Universitar Montreal mengatakan, temuan menyoroti bagaimana para orang tua seharusnya mematuhi pedoman nasional tentang waktu yang ideal bagi anak menonton televisi adalah tidak lebih dari dua jam sehari.

“Ini adalah pertama kalinya bahwa sebuah studi menemukan hubungan antara terlalu banyak waktu di depan layar bagi balita dengan risiko miskin keterampilan motorik dan kesulitan psikososial,” katanya.

“Temuan ini menunjukkan perlunya kesadaran orangtua yang lebih baik dan sesuai dengan rekomendasi American Academy of Pediatrics bahwa menonton televisi selama masa bayi dan merekomendasikan tidak lebih dari dua jam per hari setelah usia dua. Tampaknya bahwa setiap jam tambahan di luar yang direkomedasikan memiliki pengaruh sangat negatif,” ungkapnya.

Penelitian melibatkan 991 anak perempuan dan 1.006 anak laki-laki di Quebec yang berusia 29 bulan. Penelitian menemukan seorang anak yang menonton televisi sampai dua jam dan 52 menit dan satu jam dan 45 menit – anak kurang mungkin menderita efek negatif.

Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menonton TV selama lebih dari tiga jam, ditemukan tertinggal kemampuannya untuk berbicara dan berhitung. [mor] www.inilah.com

Tinggalkan Komentar Anda


[tutup]