Home » Wisata Kuliner » Soto Asli Sadang, Dingin di Luar, Hangat di Dalam

Soto Asli Sadang, Dingin di Luar, Hangat di Dalam

rumah-makan-soto-sadang-300x225Bila sering melewati jalur Sadang Purwakarta, baik dari dan menuju Jakarta, tak lengkap rasanya jika belum melirik kuliner yang satu ini. adalah Soto Sadang Asli yang menjadi favorit masyarakat Purwakarta dan para pengguna  jalan  yang  melewati  Sadang,  apalagi  saat  malam dan  berhawa dingin, maka sangat pas rasanya jika mampir ke warung soto dengan kuah hangatnya yang khas.

Sadang memang terkenal dengan sotonya, namun dari sekian banyak warung soto di salah satu kecamatan tersibuk di Purwakarta ini, Warung Soto Sadang Asli-lah yang paling ramai dan diminati penyuka soto. Terletak di Jalan Veteran Nomor 12, warung soto yang berdiri sejak lebih dari 30 tahun ini selalu ramai oleh pengunjung. Yuyun, Pengelola warung menuturkan, kebanyakan pengunjung  warung  sotonya  datang  dari  luar  kota.  “Dari  mulai  artis, pejabat, kapolda,  semua sudah pernah berkunjung ke sini”, ujarnya.

Sedikitnya ada empat menu soto andalan yang bisa dinikmati di warung soto ini, yakni Soto Ayam Santan, Soto Daging Santan, Soto Kaki Santan, Soto Buntut. Jika anda tak menyukai kuah santan, warung milik Haji Juneri ini menyediakan soto bening yang tak kalah maknyuss dengan soto bersantan.

Soal rasa tak perlu ditanya, pengunjung yang ramai rutin tiap hari, khususnya malam hari sudah menyiratkan warung soto ini tak perlu diragukan. Benar saja, ketika mencoba semangkuk soto ini, begitu lidah mengecap kuah soto, rasa gurih dan aroma kaldu langsung menendang lidah.

Meski secara penampilan tak jauh berbeda dengan soto yang lain, pemilik warung punya resep rahasia yang enggan diungkapkan. Dikatakan Yuyun, tak ada modifikasi rasa dari sejak warung soto ini berdiri hingga sekarang.  “Kita  mempertahankan  sejak  warung  ini  ada”  ungkap  pemilik generasi ketiga ini. Rahmi juga menambahkan, yang berbeda dengan warung soto yang lain, Soto Sadang Asli miliknya selalu menggunakan tungku tanpa kompor gas. “Penggunaan kayu bakar memeberi rasa yang khas pada Soto Sadang”, imbuhnya.

Soal harga tak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, satu porsi soto semua varian dihargai Rp.22 ribu, Murah meriah bukan? Sementara jika menambah nasi untuk pelengkap soto, cukup menyediakan Rp. 5 ribu.

Jika anda keluar atau masuk Pintu Tol Sadang, anda tinggalsoto-sadang-300x225 mengarahkan kendaraannya ke arah Kota Purwakarta. Lebih kurang 1 Kilometer, anda sudah  akan menemukan papan nama “Soto Sadang Asli” yang cukup besar di samping jalan.  Soto Sadang Asli ini sangat cocok untuk anda yang ingin melapas lapar sembari bersembunyi dari dinginnya malam. Patut dicoba. (IDR)

1 Komentar

  1. Erwin says:

    Tempatnya enak, luas dan strategis di pinggir jalan.. Menu nya cukup banyak dan soto Sadang nya maknyuss….
    Kunjungi :http://vosinvestama.blogspot.com/2015/01/mengisi-liburan-dengan-wisata.html

Tinggalkan Komentar Anda


[tutup]