Home » Gerbang » DAHANA Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Garut – Tasik

DAHANA Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Garut – Tasik

DAHANA menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir bandang dan longsor Jawa Barat bagian Selatan, tepatnya di empat desa di Kecamatan Pameungpeuk Garut. Bantuan diserahkan oleh Tim Program Kemitraan & Bina Lingkungan DAHANA Cecep Nugraha kepada perwakilan masing-masing desa, pada Jum’at 16 Oktober 2020.

Paket logistik yang diberikan oleh DAHANA terdiri dari sembako, makanan siap saji, biskuit, alat mandi, obat-obatan serta kasur lipat yang dibagikan ke empat Desa yang terdiri dari Desa Lingga Manik, Desa Sinarbakti, Desa Najaten, dan Desa Paas. Kondisi keempat desa tersebut merupakan daerah yang mengalami dampak terparah serta membutuhkan bantuan mendesak, beserta daerah Tasikmalaya di Desa Wangunsari Bantarkalong.

Sebelumnya, hujan badai yang dilengkapi petir terus menerus menerjang Pulau Jawa. Cuaca ekstrim yang diakibatkan oleh fenomena La Nina ini memicu air di sungai yang melintas di Selatan Jawa Barat meluap. Korban dari tiga kecamatan yang terkena bencana banjir bandang ini meliputi 238 KK, sedangkan total populasi terdampak sekitar 2.779 KK atau 9.177 jiwa. Hasil penilaian sementara untuk kerugian materiil berupa rumah rusak berat (RB) 136 unit, rumah rusak sedang (RS) 197, rumah rusak ringan (RR) 613 dan 2.180 rumah terendam.

Selain itu, banjir juga menimpa fasilitas publik yakni tempat ibadah 25 unit, fasilitas Kesehatan 10, fasilitas Pendidikan 12 (masih dikaji tingkat kerusakannya), jembatan 18. Di samping itu, kerusakan juga teridentifikasi pada ruas jalan di 12 titik dan TPT 9 titik.

Ketua PKBL DAHANA Eman Suherman menyampaikan bantuan yang diberikan DAHANA merupakan salah satu bentuk upaya meringankan derita yang didera oleh korban banjir bandang Garut – Tasik, ia berharap agar kondisi masyarakat dapat segera pulih dari banjir dan tidak ada lagi banjir susulan. Bantuan ini pun diterima dengan baik oleh pihak penerima.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DAHANA karena telah memberikan bantuan kepada kami korban banjir bandang Garut – Tasik, semoga usaha DAHANA semakin berkah,” ujar Ubaidillah Muttaqin Sekretaris Desa Sirnabakti Pameungpeuk. (yz)

Tinggalkan Komentar Anda


[tutup]