Home » Gerbang » Resmi Dilantik, Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Subang

Resmi Dilantik, Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Subang

Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Subang periode 2021-2026 resmi dilantik pada Senin, 22 Maret 2021 di Aula Gedung PGRI Kabupaten Subang. Berdasarkan musyawarah daerah tingkat II, terpilih Hasanudin, M.Pd sebagai Ketua Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat periode 2021-2026.

Prosesi pelantikan dihadiri oleh perwakilan Forum Taman Bacaan Masyarakat Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, serta beberapa dinas terkait lainnya dan tamu undangan yang terdiri dari perwakilan-perwakilan taman bacaan yang ada di kabupaten Subang termasuk pengurus Taman Bacaan DAHANA.

Ditemui selepas acara prosesi pelantikan, Hasanudin, M.Pd selaku ketua Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat terpilih menyebutkan, minat literasi masyarakat subang termasuk ke dalam kategori lemah, artinya memerlukan keterlibatan semua lapisan masyarakat, tidak hanya dari dinas pendidikan maupun forum taman bacaan masyarakat, tetapi perlu adanya kerja sama dari orang tua untuk mendorong minat baca khususnya bagi anak-anak.

“Kita berharap kehadiran forum ini dapat menjadi pemicu dan menyadarkan masyarakat bahwa minat literasi itu sangat penting untuk memajukan harkat derajat sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Subang,” ujar Hasanudin.

Di Subang sendiri sudah banyak berdiri taman-taman bacaan, baik yang berdiri sendiri yang diurus oleh beberapa pegiat yang peduli terhadap dunia literasi maupun yang berdiri di beberapa instansi. Salah satunya adalah Taman Bacaan DAHANA atau Taman Canda yang didirikan oleh PT DAHANA (Persero).

Taman Canda adalah sebuah kawasan terintegrasi antara taman bacaan, taman bermain, dan musium yang terletak disebuah bangunan cagar budaya milik PT DAHANA (Persero). Didalamnya, terdapat beberapa fasilitas untuk masyarakat seperti perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku bacaan, taman bermain anak, musium yang memajang sejarah perjalanan PT DAHAN (Persero) serta dilengkapi dengan wifi corner gratis bagi masyarakat.

Dengan visi misi sebagai pusat informasi dan wisata pendidikan dalam rangka terwujudnya masyarakat yang cerdas, berwawasan serta berbudaya yang menyediakan buku-buku bermutu hasil kolaborasi BUMN dengan Balaipustaka.

“Taman Canda sendiri dibangun oleh PT DAHANA (Persero) dengan cita-cita dan mimpi besar DAHANA untuk membangun generasi cerdas melek membaca,” ujar Juli Jajuli, selaku Manajer Humas & Kelembagaan PT DAHANA (Persero).

Tinggalkan Komentar Anda


[tutup]